cara seleksi itik yang baik


Kualitas ITIK sangat berfariasi karena faktor genetik. Langkah yang harus diperhatikan oleh Peternak Itik adalah secepatnya mengeluarkan itik yang produksinya rendah. Itik yang tidak pernah bertelur dapat dilihat dari lubang kloaka (anus) nya yang sempit, sedangkan itik yang pernah bertelur pasti terlihat melebar. Jika itik yang lain sudah bertelur sampai satu bulan, maka itik yang tidak produktif tersebut harus segera dikeluarkan.
Itik yang tidak bertelur secara fisik umumnya terlihat lebih gemuk dan kondisi bulunya masih bagus dan mengkilap. Itik tersebut merugikan, karena makan nya banyak tetapi tidak bertelur. Untuk mempermudah proses seleksi, itik sebaiknya dikelompokkan pada kandang yang bersekat, dan setiap sekat paling banyak 50 ekor. 
Selain itu, itik dapat diperiksa bertelur atau tidak pada saat sore hari menjelang itik tidur. Itik bertelur menjelang pagi hari. Pada sore hari telur itik sudah terbentuk di dalam saluran reproduksi di perutnya. Telur yang sudah terbentuk dapat diraba dari luar.

By VITERNA PLUS
081-225-9999-01

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara seleksi itik yang baik"

Posting Komentar